24 Komentar

Membuat Database di PhpMyAdmin

Cara mudah membuat database di PhpMyAdmin

  sebenernya banyak cara untuk membuat sebuah database tergantung mut seseorang dan kemampuan individualnya… alah kaya main bola ajja pake individual….! hehehehe…..

tapi bener loh kalo kalian pengen mengasah kemampuan tentang bahasa Query, mending jangan ikuti langkah langkah ini ya ? karna disini penulis akan membuat sebuah database MySql dengan cara yang sangat mudah dengan PhpMyAdmin, mungkin diluar sana sudah banyak sekali artikel seperti ini, tapi gda salahnya kan penulis ikut meramaikan suasana di hari valentine ini ? hehehe….

  artikel ini peruntukan bagi agan agan yang pengen belajar tetang membuat database di PhpMyAdmin ! ok langsung ajja kita ke lapangan ? hah lapangan ? lu kire mu maen bole ape ?? hehehe dah ah becanda mulu….

dalam pembuatan Database kali ini penulis memberi contoh project dengan nama database daftar_audisi. sedangkan untuk tabelnya penulis memberi 3 contoh  table seperti dibawah ini :

1. pertama kalian harus mempunyai softwarenya yaitu Xampp sebagai Server.

2. kalau sudah ada coba buka xampp

3. lalu kalian ikuti cara dibawah ni ! liat gambar yang di tandai warna merah.

    3.1.  klik button start pada menu apache dan Mysql

    3.2. apabila tampilan sudah running klik button admin pada menu mysql

xampp running

xampp running

nah apabila sudah memilih menu admin pada  Mysql nanti kalian akan di tuntun ke halaman seperti gambar di bawah ini :

1. masukan nama database dengan nama project daftar_audisi

2. apabila sudah langsung ajja kalian pilih button Create untuk membuat   databasenya.

3. lalu kalian akan disuruh untuk memasukan nama tablenya .

3.1  nama tablenya tadmin

3.2  isi dengan 3 field

3.3  pilih Go

nanti akan menuju kehalaman seperti dibawah ini, di halaman ini kalian diharuskan mengisi sebuah field dari tabel tadmin. sebagai contoh coba kalian isikan nama field seperti gambar dibawah ini :

lalu pilih Go

nanti hasilnya akan seperti ini :

1. nama tabel_nya

2. Query dari pembuatan table

3. hasil dari memasukan field – field

Gimana sangat mudah kan ? hah masi bingung ? pengen di kasi contoh lagi ? ok deh klo gtu penulis akan membuat sebuat table baru dengan nama tpendaftaran.

1. pada gambar di atas kalian pilih menu Struktur.

2. isikan nama tablenya yaitu tpendaftaran.

3. isi 3 field.

4. Go

lalu isikan filed field tersebut persis seperti contoh gambar di bawah  :

ingat Primary keynya ada di id_daftar. lalu pilih Go

Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

1. nama table yang tadi telah kita buat.

2. Query dari pembuatan table.

3. Struktur dari Field – Field table t_pendaftaran

gimana sudah ada pencerahan kah ? hehehe…ternyata begitu mudah membuat database di PhpMyAdmin. nah apabila kalian sudah jago nih ceritanya ane kasih project deh buat latihan ? kan tadi ane mau buat 3 table tuh ? yang udah ane kerjain baru 2 kan ? cuma tadmin sama tpendaftaran, sekaran coba kalian lanjutkan dan buat sebuah table dengan nama tconten.

struktunya sebagai berikut :

kenapa sih harus dikasi project ? ya kalo dikasi project nanti ane yakin kalian bakal lebih jago deh… hehe….

semoga bermanfaat…..

Tunggu Artikel Selanjutnya

1. Cara Mengisi Data /  Record Pada Tabel

24 comments on “Membuat Database di PhpMyAdmin

  1. mantaps gan….!!
    ane dapet tugas nih n kebetulan ketemu ni sama blog….
    .
    oya ditunggu gan update tannya…..

  2. Lumayan cukup membantu gan,.., salam dari kami…..

  3. sangat membantu…….. mksi

  4. Gan minta bantuan, coba buat script php untuk login dengan DB dari phpmyadmin…
    ane lagi kesusahan belajar php..
    T_T
    kasi penjelasan juga gan biar tambah enak bacanya…😀
    thanks…

    • umh scrip PHP untuk Login sudah ada om coba cek si artikel saya tentang pembuatan LOGIN. cek disini gan
      .
      disini memang saya menyuruh membuat database secara manual dengan SQL namun membuat database dengan SQL maupun PhpMyAdmin sama saja….
      yang penting pada pembuatan koneksi.php nya tertuju pada database yang sudah dibuat….
      gimana? sudah mengerti apa masih bingung?
      kalo masih bingung bisa PM lewat Email ok???

  5. kalo kayak gini orang tidak akan menguasai tentang coding dong
    gimana mau maju kalo cuman klick klick aja
    kalau bisa buatin yg pake cara coding

    • umh bener banget mas ardhiawan emank kalo pake cara gini sangat simple sekali, makanya dlam pembahasan penulis memberitahukan bahwa tidak disarankan menggunakan cara kaya gini,
      kalo mas mau cara query sqlnya ada ko coba cek disini

  6. gan apabila saya mengisi field dengan nama password type yang di gunakan apa gan
    klo saya pake varchar kok g bisa hiden alias ********* malah muncul tulisan text
    mohon bantuannya

    • kalo di database pas agan isi record typenya harus MD5, kalo mau di hiden agan di textfielnya pilih di propertis lalu pilih type Password…..
      CMIWW semoga bermanfaat

  7. permisi mas,,mau nanya. gimanaa cara memunculkan gambar pada aplikasi ini,,data yang saya masukkan terinput di server,tetapi ketika membuka aplikasi,,untuk gambar tidak bisa muncul,,
    Mohon bantuanya mas,,sebelumya trimakasih

  8. maaf mas baru bisa balas,,saya kan pakai aplikasi yang di dalamnya ada sidik jari,,nah ketika menginput sidik jari,,kenapa hasil gambarnya tidak ada..
    makasi mas sebelumnya

    • agan pake finger print ga? coba cek lagi penyimpanan imagenya, lalu di codenya cek lagi apakah sudah benar apa belum?
      mungkin saya boleh liat codenya?supaya tau letak keslahanya dmna

  9. thanks infonya bagus banget buat tugasq……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: