Tinggalkan komentar

Perbedaan Domain Dan Hosting

Assalamualaikum……….

kali ini penulis akan membahas tentang Perbedaan Domain dan Hosting, kenapa penulis membahas materi ini ??? yapz penulis ingin membantu bagi para newbi yang lagi belajar membuat website dan bingung harus bagaimana menampilkan web tersebut ke internet. ok kita lagsung saja berikut penjelasanya………..

Web Hosting

Hosting berasal dari kata host yang ika dijabarkan pada komputer, host artinya lokasi penyimpanan. Nah, sekarang kita mengambil kesimpulan saja apa arti web hosting itu. Jika menurut kesimpulan saya, web hosting adalah lokasi penyimpanan file di web atau internet dan file tersebut adalah khusus untuk file-file website atau katakanlah file tersebut merupakan organ-organ tubuh website yang dikendalikan oleh server yang dikelola oleh individu atau suatu organisasi/perusahaan tertentu yang bertanggung jawab untuk menjadikan setiap website yang terkoneksi ke dalam jaringannya agar selalu online dengan bantuan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet berkecepatan tinggi.

DOMAIN

Domain itu nama unik untuk identifikasi web kamu misalnya
http://www.webkamu.com. Tapi sebenarnya nama domain tersebut adalah merupakan nama “pengganti”, karena asal alamat sebuah halaman web adalah terdiri dari deretan angka IP address tertentu seperti 75.125.190.194. Penggantian nama tersebut tujuannya adalah supaya lebih mudah dikenal.

Kelebihan lain dari sebuah nama domain adalah bisa mengindentifikasi atau membranding sebuah alamat website. Nama domain juga bersifat unik dan terorganisir sehingga tidak mungkin ada 2 nama domain yang sama di internet. Kalau ada nama domain seperti webkamu.com, maka webkamu.com tidak mungkin ada di 2 atau lebih alamat website, kecuali jika ada perbedaan seperti ini:

web-kamu.com, webkamu.net, webkamu.org, dll

Perbedaan tersebut bisa karena ada tanda strip ( – ) di tengah nama Scond Level Domain, seperti web-kamu, atau bisa juga karena ada perbedaan pada Top Level Domain, seperti .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .info (dotinformation), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), .mil (dotmilitary), dan sebagainya, .com sendiri adalah singkatan dari dotcommercial. Sedangkan jika perbedaan tersebut karena bedanya antara huruf besar dan kecil, maka itu tidaklah berpengaruh, misalnya webkamu.com bisa saja hurufnya diganti dengan huruf besar semua seperti WEBKAMU.com atau dengan huruf kecil semua seperti WEBKAMU.com.

Selain Scond Level Domain dan Top Level domain, maka ada juga yang disebut dengan Thrid Level Domain atau yang lebuh dikenal dengan sebutan Subdomain, seperti ab.webkamu.com (ab = Third Level domain atau Subdomain, webkamu = Scond Level Domain, .com = Top Level domain). Contoh lainnya dari subdomain seperti webkamu.blogspot.com.

Pengguna Internet pemula sering bingung membedakan web hosting dengan nama domain. Banyak yang mengira untuk memiliki sebuah website cukup dengan memesan nama domain saja atau sebaliknya. Tak jarang hal ini menimbulkan salah paham antara pengguna dengan perusahaan web hosting.

Web hosting berbeda dengan nama domain walaupun keduanya terlihat sebagai satu buah website. Web hosting artinya menyewa disk space di sebuah server web, sedangkan nama domain adalah nama yang didaftarkan disuatu registrar (pendaftar domain) untuk digunakan sebagai sebuah alamat website.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: